Blogs

PERJALANAN MANAJEMEN LOGISTIK

By Admin

Ketika mendengar kata “Logistik”, apa yang terbersit dalam pikiran masyarakat, jamaknya mengacu pada perusahaan-perusahaan jasa pengantar paket seperti TIKI, DHL Express, PT POS dan perusahaan pengantar paket lainnya.

Masyarakat awam umumnya menganggap logistik hanyalah bagian dari proses pengantaran barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Pengertian logistik yang sebenarnya lebih dari itu.

Logistik pada hakikatnya tidak bisa hanya diartikan sebagai proses perpindahan atau pengantaran barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam manajemen perusahaan, logistik berperan penting dalam proses produksi dan pemasaran dari produk hasil produksi, sehingga produk yang diproduksi tersebut dapat sampai ke tangan konsumen.

Logistik kini telah berevolusi dengan sendirinya sebagai suatu seni dan ilmu pengetahuan. Namun, tidak dapat disebut sebagai ilmu pasti. Logistik tidak mengikuti yang ditetapkan seperangkat table juga bukan berdasarkan keterampilan warisan sejak lahir. Seorang manajer logistik menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawab berdasarkan pengalaman pendidikan, keterampilan, pengalaman masa lalu dan intuisi. Manajer logistik memastikan bahwa perusahaan diuntungkan menggunakan cara yang efisien dan efektif menggunakan system manajemen logistik. Dia juga perlu memastikan bahwa hak jenis produk dan jasa yang diberikan pada saat yang tepat dan untuk harga yang tepat, apakah di dalam struktur organisasi atau pengiriman-pengiriman diluar bangunan organisasi.

Seiring dengan bertambahnya waktu dan perubahan zaman, perkembangan logistik berjalan cukup pesat. Tak hanya di negara-negara maju, di negara berkembang seperti Indonesia pun logistik memiliki fungsi atau peranan yang penting dalam menjalankan roda perekonomian khususnya dalam bidang industri.

Source : Mari Berkenalan Dengan Manajemen Logistik, Halaman 3 – 8, Penulis : Ratih Hendayani

Latest Tweets

Photos From instagram

@mkt.samudera